Aktifitas Usaha

Setelah Usaha beroperassi sekitar 5 tahun, terjadi beberapa Penegembangan unit usaha yaitu:

1.Digital Photography
Studio foto dan Jasa shooting. Jasa Foto kebanyakan di manfaatkan oleh pelajar dan warga sekitar yang membutuhkan perlengkapan administrasi jika ingin mengurus KTP, SIM, sertifikasi dan lain-lain, ataupun hanya sekedar sebagai dokumentasi kenangan. Jasa Shooting masih didominasi oleh order “Wedding Ceremony”.

Photobucket

2.Warung Internet (WarNet)
Dengan adanya Warnet di Bontonompo, sedikit banyak membantu masyarakat yang ada di daerah ini, khusunya dunia pendidikan. Pelajar dan Guru yang paling dominan tertolong dengan adanya fasilitas warnet. Selain bisa berselancar di dunia maya, para pengunjung bisa mengkopi beberapa dokument, free ebook, film-film edukasi yang tersedia di database.

3.Service Elektronik
Konsumen di unit ini didominasi oleh service audio-video, TV, DVD, tape mobil. Bahkan kadang ada yang memesan Speaker dengan design dan spesifikasi khusus.

Photobucket
Walaupun teknisi (Rizal) mengalami kendala dalam berkomunikasi (tunawicara dan tunarungu) namun bakat dan keahliannya yang mempuni sehingga masyarakat sekitar mempercayakan service eletronik kepadanya. Selain kualitasnya yang bisa dijamin, juga karena murah. Selain otodidak teknisi pernah diikutkan dalam pelatihan teknik audio-video (Pelatihan keterampilan anak cacat) yang diadakan oleh FKKA-DA Kabupaten Gowa Sulawesi selatan.

4.Desain dan Percetakan
Beberapa order ataupun konsumen di unit ini cukup beragam. Pelajar, Organisasi Mahasiswa, Partai Politik ataupun perusahaan rekanan. Market share unit ini bukan saja berasal dari Gowa dan Makassar. konsumen ada yang berasal dari luar Gowa-Makassar. Misalnya Dari Kabupaten jeneponto, Kab, Soppeng Bahkan dari Sulawesi barat Majene). Dengan memanfaatkan pertemanan dan Jejaring sosial cukup mempermudah dalam melayani konsumen. Di Unit ini, prosesnya ada yang masih dikerjakan dengan metode konvensional (Sablon/cetak saring) namun adapula dengan cetak Digital. Cetak Digital masih menumpang di Usaha rekan bisnis/teman. Namun pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri, dalam artian alat produksi kami sendiri, seperti mesin buat pin, Press T'Shirt dan Cetak saring (sablon) akan di kerjakan di tempat kami sendiri.

Photobucket

Photobucket

Proses packing, proses ini kebanyakan melibatkan karyawan perempuan yang berada di lingkungan sekitar tempat usaha kami, khususnya ibu-ibu yang sering ngerumpi. :)
KEGIATAN EKSTERNAL
Aktifitas di Creative Comm, bukan hanya berorientasi profit semata, namun kadang melakukan kegiatan sosial, misalnya bimbingan praktis penggunaan komputer dan tips berinternet sehat, tips searching, Jika memungkinkan dua bulanan sekali melakukan kursus singkat seputar Design khusus pelajar.

Komentar